Web Based Lesson: Membilang Banyak Benda (PMRI)

___________________________________________________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran              : Matematika

Materi Pokok                  : Membilang Banyak Benda

Kelas / Semester           : I / I

A.   Standar Kompetensi

1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

B.   Kompetensi Dasar  

1.1 Membilang banyak benda

C.   Indikator      

1. Membilang banyak benda 1-20

2. Membandingkan dan menyatakannya dalam perbandingan dari dua atau lebih kelompok benda

3. Membaca lambang bilangan 1-20

4. Menulis lambang bilangan 1-20

5. Mengaplikasikan kegiatan membilang dalam pemecahan masalah sehari- hari

D.   Materi Pokok 

1. Bilangan asli 1-20

2. Perbandingan antara dua atau lebih kelompok benda

3. Nama lambang bilangan 1-20

4. Simbol lambang bilangan 1-20

5. Bilangan dalam kehidupan sehari- hari

E. Kegiatan Pembelajaran

PENDAHULUAN

a. Apersepsi

Guru mengingatkan kembali materi pelajaran sebelumnya (prasyarat) dengan menunjukkan sebuah gambar sekaligus sebuah permasalahan kontekstual seperti berikut ini:

children_balloons_home_page Car-parking 6201979-family-of-teddy-bears

Siswa diajak untuk mengenali dan mengamati benda- benda sejenis dalam jumlah yang banyak berdasarkan gambar dan diajak menceritakan pengalaman mereka sendiri sesuai dengan konteks.

 b. Motivasi

Guru membangkitkan motivasi siswa dengan memberi tahukan manfaat dari materi yang diajarkan yaitu siswa dapat mengetahui berapa banyak jumlah objek yang mereka hitung dan sangat bermanfaat bagi pelajaran- pelajaran berikutnya karena merupakan materi yang paling dasar.

KEGIATAN INTI

a. Eksplorasi

1. Guru memutar video pembelajaran/Siswa menonton dan memerhatikan video sambil bernyanyi( dalam lagu ini berisi materi membilang)  bersama- sama

#Membilang banyak benda (materi+ lagu)

# Membilang banyak benda, nama & lambang bilangan

2. Selanjutnya guru menyajikan power point/Siswa mengamati dan berinteraksi sesuai instruksi ppt

#Membandingkan dua kelompok atau lebih

ppt: lebih banyak atau lebih sedikit

3. Guru menyajkan materi dalam bentuk program dan mengajak siswa untuk berinteraksi dengan program/ Siswa berinteraksi dengan program yang disajikan

# Membilang banyak benda

Program membilang banyak benda

4. Guru mengajak siswa membahas kembali isi video dan powerpoint yang baru saja disajikan, serta meminta siswa untuk mengulang kembali materi yang terdapat di dalam video lagu tadi/ Siswa menyampaikan materi dalam video

5. Guru membagikan LKS dan memberikan soal pada buku (download buku panduan disini) halaman 30 dan 31/Siswa berdiskusi menyelesaikan permasalahan tersebut dengan bimbingan guru. Guru membiarkan siswa membangun (mengkonstruksi) pengetahuannya sendiri berdasarkan konsep materi yang telah diterimanya.

6. Guru memperlihatkan beberapa games sesuai materi agar siswa tidak merasa bosan dan semakin tertantang mengerjakan soal berikutnya

#menghitung banyak benda bersama ginger men:  http://www.wmnet.org.uk/resources/gordon/GingerMen%20v2.swf

#whack mole: http://www.ictgames.com/whackAMole/index.html

#nembak bebek: http://www.ictgames.com/newduckshoot.html

#yuk menghitung biar bisa bantu ulat bulu http://www.ictgames.com/caterpillar_slider.html

7. Guru memberikan tambahan soal online kepada siswa

# membilang, menyatakan lambang

http://www.ixl.com/math/pre-k/count-objects-to-20

# membandingkan jumlah antar kelompok

http://www.ixl.com/math/pre-k/compare-groups-fewer-or-more

8. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
b. Elaborasi

1. Siswa mendemonstrasikan hasil kerja kedepan kelas

2. Guru mendorong terjadinya interaksi sesama anggota didalam kelas

c. Konfirmasi 

Guru memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan. Guru berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.

PENUTUP

a. Refleksi

Guru dan siswa melakukan refleksi

b. Assement

Menugaskan secara individu pengerjaan tugas untuk dikerjakan dirumah

# link soal- soal tugas 

http://www.ixl.com/math/grade-1/counting-review-up-to-20

http://www.ixl.com/math/grade-1/comparing-numbers-up-to-10

http://www.ixl.com/math/grade-1/comparison-word-problems

http://www.ixl.com/math/grade-1/comparing-review

Selamat belajar dan mengajar insan mulia terdidik http://matcuoi.com

___________________________________________________________

sumber:

http://www.youtube.com/ watch?v=K2b2ll-ASaI

http://www.youtube.com/ watch?v=wW5vUJ0TD6w

http://www.youtube.com/ watch?v=E3yjDAnm–s

http://www.powershow.com/view/3f6a3-Mzk4Z/More_or_Fewer_powerpoint_ppt_presentation

http://www.maths-games.org/

http://www.ixl.com/math/pre-k

http://20528544.siap-sekolah.com/bse/bse-1-sd/bse-matematika-1-sd/

http://www.ixl.com/math/grade-1

http://www.learner.org/courses/learningmath/data/session2/part_b/index.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s