Museum Matematika/ Museum of Mathematics (Mo Math)

NPmomath-blog480Sobat, kalian suka berekreasi? ya, rekreasi bareng keluarga, teman- teman, orang terdekat ataupun dengan orang- orang yang kita inginkan untuk berbagi. Berekreasi memang menyenangkan. Tapi, rekreasi akan memiliki manfaat yang lebih banyak bila Sobat dan keluarga mengunjungi sebuah museum, karena di sana selain mendapatkan hiburan juga mendapatkan banyak sekali ilmu pengetahuan, mulai dari geografi, sejarah, sains, matematika dan lainnya. Sesekali mungkin Sobat bisa menerapkan tips ini 😉

Eh, ternyata ada museum baru loo…

yuk kita intip bareng

Sebuah museum baru di kota New York City,Museum of Mathematics (MoMath), sebuah museum yang didedikasikan untuk matematika.yang juga satu-satunya di Amerika Serikat, menampilkan matematika sedemikian rupa sehingga tidak terkesan membosankan.

Museum yang juga disebut MoMath itu dibuka 15 Desember 2012 pada dua lantai sebuah gedung perkantoran di utara Taman Alun-Alun Madison, Madison Square Park, 11E 26th street, Manhattan. Ini adalah ide direktur eksekutif Glen Whitney, 42, seorang
matematikawan dan mantan analis dana investasi jumlah besar yang membantu mengumpulkan US$23,5 juta untuk museum berukuran sekitar 1.800 meter persegi tersebut.terletak di Madison

museum-matimatika-amerika-b

Museum ini istimewa karena memiliki dua konsep kemasan, yaitu komputer teknologi tinggi dan eksperimen matematika yang membuat
museum ini sempurna bagi siapa pun yang datang mengunjunginya, mulai dari siswa sekolah dasar sampai mahasiswa program Ph D.

Museum ini benar-benar langka karena Anda bisa melihat berbagai eksperimen, permainan dan teka-teki untuk setiap usia.

MoMath memamerkan 30 fitur interaktif yang memuat peran matematika dalam kehidupan sehari-hari.  Semua aspek dalam museum itu diilhami matematika, mulai dari lantai, tangga, hingga kamar mandi.

“Kami ingin menunjukkan matematika menyenangkan, indah, dan metematika akan memberikan Anda pekerjaan yang bagus,” kata pendiri dan Direktur Eksekutif MoMath Glen Whitney, seperti dikutip LiveScience.

begitu juga tutur Cindy Lawrence, wakil direktur MoMath yang sejalan,

“Matematika tidak hanya sekedar mengingat tabel perkalian, Kita ingin orang sadar bahwa matematika adalah sebuah upaya kreatif.”

Anak-anak juga dapat mengendarai sepeda roda tiga dengan roda berbentuk kotak yang tetap dapat berjalan berkat trek yang didesain khusus.

museum-matimatika-as-19

Setiap “roda” dari becak ini berbentuk persegi yang hanya bekerja pada satu jalur melingkar secara tepat, di mana setiap roda memiliki ukuran diameter berbeda, namun ketika diayuh tetap berada pada garis lintasan.

fitur- fitur lainnya dapat dilihat di bawah ini

atau juga yang ini

Whitney  juga mengatakan matematikawan terkenal dengan senang hati membagi keahlian mereka untuk pameran di museum tersebut.

“Saya kira banyak matematikawan yang mendapat kesan bahwa mereka bekerja di lapangan yang disalahpahami banyak orang,” ujarnya.

Target pengunjung museum tersebut adalah siswa kelas empat sampai kelas delapan, namun pameran-pameran yang diadakan dapat dinikmati anak-anak yang lebih muda sekaligus menantang orang dewasa.

Museum memiliki 700 pengunjung pada hari pertama, dan Lawrence mengatakan 400 kelompok sekolah telah mendaftarkan kunjungannya padahal MoMath belum beriklan.

Desire’e Thomas, siswa kelas dua dari Girls Prep di daerah Lower East Side menyebut pengalamannya menarik dan menyenangkan.

“Saya membangun dengan bentuk-bentuk yang berbeda, kemudian bermain dengannya.”

Jennifer Florez membawa anak lelakinya yang berusia 4 tahun ke MoMath dan mengatakan akan kembali.

“Ia masih muda untuk beberapa pameran, namun ada cukup hal-hal yang membuatnya bisa terlibat. Saya ingin kami kembali dan berkunjung setelah anak saya bertambah besar,” ujarnya.

“Ada pengalaman langka yang bisa dilakukan dengan matematika,” kata Whitney. “Kami ingin orang-orang bermain, mencoba berbagai hal.”Whitney berharap dengan museum ini, warga New York di segala usia dapat terlibat dengan matematika. Ia juga berencana mengadakan MoMath Masters, turnamen bagi pengunjung dewasa dan juga klub untuk anak-anak.”Hal terbesar yang ingin kami lakukan adalah mengubah perspektif orang tentang matematika,” kata Direktur Asosiasi Cindy Lawrence.

sumber:

http://www.inioke.com/Berita/3272-New-York-Punya-Museum-Matematika-Baru-.html

http://www.antaranews.com/berita/348785/di-new-york-ada-museum-matematika

http://uniqpost.com/58803/melihat-dari-dekat-museum-matematika-nasional-as/

http://www.youtube.com/results?search_query=museum+of+mathematics&oq=museum&gs_l=youtube.1.0.35i39j0l9.43017.43929.0.44964.6.6.0.0.0.0.311.1176.1j3j1j1.6.0…0.0…1ac.1.E3_FsBVEes0

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s